APA Untungkan Indonesia Dalam Konektivitas Internasional

Gambar Gravatar

KABAR DPR – Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI mengatakan bahwa ‘Asian Parliamentary Assembly’ (APA) cukup menguntungkan bagi Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon usai menghadiri APA Standing Comitte on Budget and Planning di Tehran, Iran.

“Saya kira ini forum atau platform yang sangat menguntungkan kita. Jadi, kita biasanya juga berkumpul nanti di Inter Parliamentary Union (IPU). APA ini untuk saling mendukung antar negara Asia. Jadi, kita banyak dukungan dari negara APA dan Indonesia sangat dihormati karena sangat aktif juga di dalam APA,” ujarnya usai agenda kepada Parlementaria di Tehran, Iran, Rabu (12/07/2023).

Bacaan Lainnya

Fadli menjelaskan, APA adalah ajang untuk menjalin koneksi dengan para parlemen di Asia. Parlemen Indonesia sendiri saat ini kata Fadli sangat aktif di berbagai forum internasional. Maka dari itu, BKSAP DPR RI kata Fadli akan tetap aktif di APA.

“Jadi BKSAP sebagai ujung tombak diplomasi parlemen, ini menjadi vokal poin dari diplomasi parlemen. Termasuk di APA ini kita membantu kepentingan negara di dalam diplomasi negara untuk kepentingan nasional,” ujarnya.

Sebagai informasi, APA adalah sebuah organisasi antar Parlemen di kawasan Asia. Saat ini, keketuannya dipegang oleh Turki. Indonesia adalah salah satu negara pendiri organisasi tersebut. Kehadirannya diharapkan bisa saling membantu para negara-negara anggota dalam menghadapi berbagai permasalahan.

Di Tehran sendiri, APA menggelar forum untuk membahas komitmen dari setiap negara anggota dalam menguatkan organisasi. Di forum tersebut diusulkan iuran dari setiap negara anggota untuk APA. BKSAP DPR RI pun mendukung apa yang didiskusikan dalam forum kali ini.

Apa reaksi anda soal berita ini?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Iklan-Admin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *