Penjelasan Mentan Soal Kasus Korupsi di KPK

Gambar Gravatar
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (ilustrasi)

KABAR DPR – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengaku belum mendengar rencana pemanggilannya oleh penyidik KPK dalam dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Ia mengaku baru mendengar kabar tersebut dari media sosial. “Belum ada panggilan, saya belum tahu ada apa-apa, saya cuma baca di medsos,” kata pria yang karib disapa SYL usai menyerahkan surat pengunduran diri kepada Mensesneg Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

SYL malah menyebut dirinya mendengar kabar dipanggil saat melakukan pertemuan bilateral dengan menteri Italia, menteri Spanyol, membahas bantuan Food and Agricultural Organization (FAO) dan pihak IFAT. Ia membahas soal kesuksesan Indonesia dalam menghadapi krisis iklim.

Ia mengaku pertemuan itu membahas gagasan Jokowi agar semua negara bekerja sama sesuai arahan presiden. Syahrul menjelaskan kondisinya yang lelah menghadapi beberapa peristiwa belakangan. Ia pun memilih mundur agar tidak membebani presiden.

“Oleh karena itu beri saya kesempatan dan saya belum ada istirahat ini karena tadi saya juga diperiksa di Polda dan capek banget rasanya saya menghadapi ini semua. Saya berharap tidak akan sedikit pun mengganggu kinerja Bapak Presiden, lebih baik saya ambil sikap seperti ini,” kata SYL. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno di kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

SYL menemui Pratikno dalam rangka menyerahkan surat pengunduran diri dari kursi menteri pertanian. “Saya sore hari ini serta meminta waktu Bapak Presiden diberi kesempatan melalui Mensesneg tadi untuk menyampaikan usul surat pengunduran diri saya sebagai menteri,” kata pria yang karib disapa SYL di kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis. SYL menyatakan mundur diri dari kursi menteri pertanian karena ingin fokus menghadapi proses hukum kasusnya.

Ia pun mengaku tengah menunggu arahan Presiden Jokowi setelah surat pengunduran diri tersebut. “Alasan saya adalah ada proses hukum yang saya hadapi dan saya harus siap hadapi secara serius. Walaupun saya berharap jangan ada stigma dan perception of innocence,” kata SYL.

Apa reaksi anda soal berita ini?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Iklan-Admin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *