AHY Beberkan Alasan Partai Demokrat Ikut Tolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

Gambar Gravatar
AHY Beberkan Alasan Partai Demokrat Ikut Tolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

KABARDPR.COM – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan bahwa partainya sejak awal sangat menentan keras sistem pemilu proporsional tertutup.

Diketahui, wacana sistem proporsional tertutup ini memang menjadi memanas di kancah perpolitikan nasional akhi-akhir ini.

Bacaan Lainnya

“Kami dari partai demokrat sejak awal menolak dengan tegas wacana sistem pemilu tertutup proporsional,” tegas AHY di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan yang dikutip Kabardpr.com, Minggu (8/1/2023).

Dalam kesempatan itu, AHY pun merasa sangat antusias ketika di ajak untuk bertemu para pimpinan partai politik yang memiliki sikap politik yang sama.

“Sehingga pertemuan hari ini menjadi penting. Tentunya, kami mengapresiasi dan mendukung agar pembahasan tentang isu-isu kebangsaan seperti ini. Dan juga terus kita lakukan dari waktu ke waktu,” ucapnya.

Alasan AHY Tolak Proporsional Tertutup

Kemudian, Putra Sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu menjelaskan beberapa alasan perihal mengapa Partai Demokrat dengan tegas menolak pemilu proporsional tertutup tersebut.

“Yang pertama, jangan sampai ada hak rakyat dalam kehidupan demokrasi ini yang di rampas. Jika terjadi sistem pemilu tertutup maka rakyat tidak bisa memilih secara langsung wakil-wakil rakyatnya. Padahal kita ingin semua menggunakan haknya dan tidak seperti membeli kucing dalam karung,” jelas AHY.

Kemudian ia menegaskan, bahwa para wakil rakyat baik di DPR RI hingga Kabupaten atau Kota benar-benar menjadi pilihan lansung. Pasalnya, terpilihnya para pemimpin rakyat benar-benar bisa membawa perubahan dan kebaikan bagi rakyat yang di wakilinya.

“Dan tentu kita berharap pada saatnya para wakil rakyat dan pemimpin yang terpilih benar-benar yang bisa membawa perubahan dan kebaikan. Oleh karena itu kita berharap sistem terbuka proporsional bisa tetap di jalankan sesuai dengan UU yang berlaku hari ini. Kemudian kita semua bisa menyambut pesta demokrasi dengan seksama dan tentunya kita berharap berjalan dengan baik,” lanjut dia.

Ia berpesan agar semua kader Partai Demokrat bisa memiliki hak yang sama untuk di pilih secara terbuka.

“Secara internal, partai politik juga perlu menjaga semangat yang tinggi dari seluruh kadernya dengan sistem pemilu terbuka proporsional. Tentu kita berharap setiap kader parpol juga punya ruang yang adil,” tuturnya.

AHY tak ingin mereka yang sudah berjibaku berusaha dan berjuang untuk mendapatkan suara malah rontok semangatnya karena perubahan sistem perpolitikan nasional.

“Dan kita ingin sekali lagi yang terbaiklah yang bisa membawa aspirasi masyarakat luas. Mudah-mudahan pertemuan ini juga bukan hanya perjuangan partai politik, tetapi juga perjuangan seluruh elemen masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Baca Artikel Lainnya di Google Berita

Apa reaksi anda soal berita ini?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Iklan-Admin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *